Iklan

Sabtu, 13 Oktober 2018

Standar Baru Smartphone

Halo sobat OprekesNewbie21, Kali ini saya akan mengulas tentang standar smartphone zaman sekarang dan yang akan hadir belakangan ini. Setiap era smartphone punya standar yang akan di pakai untuk si smartphone tersebut misalnya pada awal smartphone mulai muncul adalah touchscreen yang sampai saat ini masih digunakan dan pastinya ada perbedaan dari awal kemunculannya dengan keluaran sekarang.

Oke guys ini di beberapa standar smartphone zaman sekarang :

1. USB Type-C


USB Type-C sepertinya akan menjadi standar baru smartphone sejak awal 2018 ini. USB Type-C ini memiliki 24-pin untuk keperluan charger dan transfer data pada smartphone dan prediksi oleh para reviewer smartphone konektor jenis Type-C ini akan menjadi standar baru. Kemudahan dari USB Type-C ini adalah kita tidak perlu lagi salah untuk mencolok dari USB ke konektor smartphone karna tidak ada perbedaan antara bagian atas dan bawah berbeda dengan MicroUSB yang berbeda antara bagian atas dan bagian bawahnya. USB Type-C pertama di luncurkan pada tahun 2014.


2. Fingerprint

Fingerprint adalah pemindai sidik untuk keperluan keamanan tidak hanya untuk lockscreen tapi sudah banyak aplikasi yang menggunakan fingerprint untuk berbagai keperluan seperti transaksi pembayaran dan login. Tapi sudah tidak heran karna sudah sejak pertengahan 2017 lalu fingerprint ini sudah menjadi idaman para pengguna dari smartphone karna kemudahannya. dan hingga saat ini sudah ada fingerprint pada layar smartphone yang di kembangkan oleh Vivo. Fingerprint sebenarnya sudah lama hadir hanya saja penggunaanya masih tidak simple seperti harus memindai sambil menekan tombol fingerprint tersebut.


3. LCD Amoled
Layar bejenis Amoled sudah mulai banyak di pasar smartphone. Pada awal kemunculannya Samsung adalah pengguna layar berjenis ini paling banyak terlebih untuk handphone keluaran flagshipnya seperti Samsung S series. Keunggunalan dari layar amoled di bandingkan dengan layar lainnya adalah tingkat kejernihan dan kehalusan gambar yang di keluarkan dan pastinya akan nyaman untuk di lihat walaupun dalam jangka waktu yang lama. Tapi kekurangan dari layar berjenis Amoled ini adalah banyaknya kasus Shadow pada layar.


4. Face Unlock/Face ID
Face unlock sudah menjadi standar baru dalam dunia gadget. Karna tingkat keamanan yang sangat tinggi dan kemudahan dalam penggunaannya sebab itu face unlock menjadi primadona untuk pengguna smartphone, Face unlock ini mulai di populerkan oleh Iphone X pada tahun 2017 lalu, Padahal face unlock sudah lama berada hanya saja Apple selalu menjadi pelopor kepopuleran fitur dan New Design.


5. Water Resistant

Water resistant atau tahan terhadap air menjadi standar baru untuk handphone flagship, Untuk menjadi smartphone water resistant brand tersebut harus mengujinya terlebih dahulu dan melalui proses yang ketat yang nantinya akan mendapatkan setifikasi ip68/67 untuk menjadi smartphone yang tahan terhadap air. Jenis smarphone dengan water resistant terbanyak adalah Sony. Yap sony adalah brand yang paling banyak mengeluarkan smartphone water resistant bahkan untuk smartphone entry-level.


6. Layar 18:9
Yap layar lebar. Layar 18:9 adalah layar standar baru pada 2018 ini, layar 18:9 atau layar yang luas ini memungkinkan pengguna untuk melihat seluruh layar smartphone dan pastinya layar yang penuh lebih di perlukan untuk keperluan entertaiment seperti menonton film, Bermain game, Editing dan lainnya.
7. Dual Camera

Dan yang terakhir ini adalah dual camera pada sebuah smartphone. penggunaan dari dual camera terebut adalah 1 kamera menjadi penangkap gambar dan yang 1 lagi menjadi sensor untuk menghadirkan efek blur. Sudah menjadi standar baru di smartphone pada 2018 ini, bahkan Samsung sudah bisa menghadirkan efek slow-mo yang jelas Samsung menggunakan sensor tingkat tinggi untuk menghadirkan fitur tersebut seperti halnya DSLR.




Nah itu dia guys beberapa standar smartphone 2018 ini dan yang nantinya akan menjadi standar penuh untuk semua brand. ada 1 fitur lagi sebenarnya hanya saja belum banyak smartphone yang akan menghadirkan fitur ini adalah fitur wireless charging yang notabene adalah smartphone flagship yang mengeluarkan fitur ini jadi kita tunggu saja kedepannya standar seperti apa smartphone nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lupa Pola Oppo A53 (2127)

       Hallo sob, Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang cara unlock Oppo A53 dengan nomor seri 2127 yang pada saat postingan in...